5 Alat Olahraga Untuk Bentuk Otot Bagi Pemula

Aplikasi Kredivo Tidak Bisa Dibuka Setelah Diupdate? Ikuti Trik Ini untuk  Memperbaikinya - poskota.co.id

Jika usia kamu sudah memasuki kepala 3 bahkan kepala 4 sudah harus mulai memperhatikan olahraga yang membentuk massa otot tubuh.

Hal ini akan sangat berguna di masa tua sebagai penopang tulang-tulang yang mulai lemah dan bisa saja mengalami pengapuran, osteoporosis dan sebagainya. 

Oleh karena itu, mulailah untuk mencicil alat-alat olahraga untuk membentuk otot tubuh terutama bagi para pemula. Ada beberapa alat olahraga yang terjangkau dan bisa digunakan di rumah saja tanpa perlu antre di tempat gym. 

Dumbell

Zaman dulu biasanya untuk menghemat bujet, pembuatan dumbbell bisa menggunakan kaleng bekas cat dan pipa besi.

Dumbbell cocok untuk untuk latihan beban buat pemula dengan beban yang beragam. Dumbbell juga bisa digunakan untuk latihan kardio atau aerobik sambil menggenggam dumbbell.

Sekarang kamu bisa membeli paket dumbbell dengan harga yang terjangkau. Satu set dumbell dijual di loka pasar dengan harga mulai dari Rp 500 ribuan dengan beban total hingga 40 kg.

Satu set dumbbell barbell ini memiliki 16 dumbbell, 2 tiang, 4 nut ganda dan gratis satu batang penghubung dengan panjang hingga 41 cm.  Fungsinya bisa bermacam-macam dan mudah untuk digunakan. Sangat cocok untuk latihan beban pemula di rumah. 

Peralatan-peralatan gym ini bisa kamu beli dengan cara dicicil pakai kredit cepat dari Kredivo. Apalagi ada cicilan 3 bulan dengan bunga 0%, cukup bayar biaya admin saja sebesar 3% dari harga barang.

Kredivo punya tenor yang lebih fleksibel 6-12 bulan dengan bunga mulai dari 1.99% per bulan. Jadi, kamu bisa beli sekaligus beberapa set alat gym dan dicicil dengan pilihan tenor yang sesuai dengan kondisi finansial. Kredivo sudah terdaftar di OJK sehingga memiliki legalitas yang jelas.    

Pull Up Bar

Pull up bar salah satu alat yang digunakan untuk pull up. Cara pull up adalah dengan menopang kedua telapak tangan ke batang yang dilebarkan sehingga bisa dipasang di kusen rumah atau di antara dua dinding. Alat ini membantu kamu untuk melakukan latihan body weight training. 

Pull up termasuk latihan yang tidak mudah karena harus menggunakan berat beban kita sendiri sebagai salah satu latihan yang dilakukan. Makin berat bobot tubuh kita, makin berat juga mengangkat tubuh hanya dengan kedua belah tangan. 

Sit up Stand and Bench

Alat fitnes ini digunakan untuk latihan sit up dan juga latihan beban sebagai penyangga atau penopang. Sit up bench sebenarnya bisa menggunakan meja atau bangku biasa.

Tetapi, pengaturan ketinggiannya sangat membantu saat ingin melakukan sit up dengan berbagai metode. Harganya di loka pasar mirip-mirip di kisaran Rp 500 ribuan saja.  

Push up Stand

Bagi yang punya target push up sebanyak 50-100 kali dalam sehari memerlukan push up stand seperti ini. Alat yang sederhana supaya bisa lebih nge-grip ke lantai. Jadi tidak mengandalkan bantalan telapak tangan untuk menahan beban. 

Posisi push up stand juga dapat diatur untuk melatih bagian-bagian lengan ataupun dada. Harganya sangat terjangkau sekali di kisaran Rp 100 ribuan saja. Cocok buat pemula yang memiliki ruang terbatas untuk latihan beban.

Tali Skipping

Untuk pemanasan sebelum latihan beban biasanya bisa dilakukan dengan peregangan atau bermain lompat tali. Nah, kamu memerlukan tali skipping untuk melakukan pemanasan. Fun fact-nya malahan ada yang bisa menurunkan berat badan karena latihan tali skipping 30 menit sehari.